Pengertian, Tujuan dan Jenis Penelitian

Pengertian, Tujuan dan Jenis Penelitian -  Adalah sebagaimana telah dipaparkan bahwa untuk mendapatkan kebenaran dapat dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah. Metode ilmiah tersebut dapat diperoleh dengan melakukan kegiatan penelitian.


Pengertian Penelitian

Secara leksikal, istilah penelitian berasal dari bahasa Inggris research, re berarti kembali, sedangkan to search berarti mencari. Dengan arti kata research adalah pencarian kembali. Adapun pengertian dari penelitian dapat diperhatian pada pendapat beberapa ahli sebagai berikut:
1. Menurut Webster’s World Dictionary, penelitian merupakan penyelidikan (penelitian) terhadap suatu bidang ilmu pengetahuan yang dijalankan untuk memperoleh fakta-fakta dan prinsip-prinsip dengan sabar, hati-hati, dan sistematis.
2. Menurut Carter Good, penelitian merupakan suatu jalan ke arah kemajuan dan pemecahan suatu persoalan (research is a way progress and a problem solving).
3. Menurut Sanapiah Faisal penelitian merupakan suatu aktivitas dalam menelaah suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah secara terancang dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru yang teruji kebenarannya, baik yang berhubungan dengan fenomena alam maupun yang berhubungan dengan fenomena sosial.
4. Menurut Soerjono Soekanto penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang dilandaskan pada analisis dan konstruksi yang dilaksanakan secara metodologis, sistematis, dan konsisten, yang bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi dari hasrat manusia untuk mengetahui segala sesuatu yang sedang dihadapi.

Berdasarkan atas pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian merupakan suatu kegiatan yang bersifat ilmiah yang dilaksanakan dengan menggunakan prosedur atau metode tertentu secara sistematis dengan menggunakan fakta yang diperoleh secara obyektif dalam rangka memecahkan masalah atau mendapatkan penemuanpenemuan. Penelitian juga bersifat berkesinambungan, dalam arti, suatu kegiatan penelitian dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan penelitian berikutnya untuk memperoleh kebenaran baru yang lebih sempurna.

Pengertian, Tujuan dan Jenis Penelitian




Tujuan Penelitian

Secara umum penelitian bertujuan untuk mencari, menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan. Penelitian juga sering dilaksanakan untuk mencari pemecahan terhadap permasalahan yang berkembang. Secara lebih rinci tujuan penelitian dapat dibedakan atas dua macam, yaitu:
1. Tujuan ilmiah, yakni suatu kegiatan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sesuatu tetapi hasilnya tidak dapat dimanfaatkan secara langsung dalam kehidupan nyata. Kegiatan penelitian seperti ini dikenal dengan istilah basic research atau pure research.
2. Tujuan praktis, yaitu suatu penelitian yang hasilnya dapat dimanfaatkan secara langsung dalam kehidupan nyata. Penelitian seperti ini dikenal dengan istilah applied research, seperti penelitian yang bertujuan untuk menetapkan jalur-jalur distribusi dan sekaligus menetapkan harga dari suatu barang tertentu.

Termasuk dalam penelitian ini adalah:
a. Tujuan eksploratif, yakni suatu kegiatan penelitian yang dilaksanakan untuk menemukan dan mendapatkan pengetahuan baru yang belum pernah ada sebelumnya.
b. Tujuan verivikatif, yakni suatu kegiatan penelitian yang bertujuan untuk menguji kebenaran yang dihasilkan oleh kegiatan penelitian yang dilaksanakan sebelumnya.
c. Tujuan pengembangan (development), yakni suatu kegiatan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan, memperluas, dan menggali lebih dalam suatu konsep atau suatu teori yang sedang berkembang.

Berdasarkan atas beberapa tujuan tersebutlah kegiatan penelitian selalu dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan. Sedangkan tujuan utama dari kegiatan penelitian adalah untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan umat manusia.


Sebelumnya mengenai Pendekatan Ilmiah dan Nonilmiah ini mungkin dapat membantu.



Jenis-Jenis Penelitian

Dalam bukunya yang berjudul Suatu Petunjuk Praktis Metodologi Penelitian Sosial, Asyari menyebutkan beberapa jenis penelitian sebagai berikut:
1. Berdasarkan disiplin ilmu yang dikaji:
a. Natural science research, yakni kegiatan penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan alam.
b. Social science research, yakni kegiatan penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan sosial.
c. Humanities research, yakni kegiatan penelitian dalam bidang ilmu humaniora.

2. Berdasarkan tempat berlangsungnya kegiatan penelitian:
a. Field Research, yakni kegiatan penelitian yang mengambil lapangan-lapangan tertentu sebagai objek penelitian.
b. Library research, yakni kegiatan penelitian yang dilakukan di perpustakaan dengan mengkaji berbagai teori yang ada.
c. Laboratory research, yakni kegiatan penelitian yang dilaksanakan di laboratorium.

3. Berdasarkan kegunaan dan tujuannya:
a. Basic research atau pure research, yakni kegiatan penelitian yang dilaksanakan dalam rangka menemukan, menguji, dan mengembangkan suatu teori dalam rangka pengembangan dalam bidang keilmuan.
b. Applied research, yakni kegiatan penelitian yang dilaksanakan untuk memenuhi tuntutan dalam kehidupan praktis. Applied research terdiri dari tiga jenis, yakni exploratif research, verivikatif research, dan development research.

4. Berdasarkan hakekat penelitian itu sendiri:
a. Fact finding research, yakni kegiatan penelitian permulaan, yakni yang dititikberatkan pada penemuan fakta baru.
b. Critical interpretation research, yakni kegiatan penelitian yang merupakan tindak lanjut dari fact finding research.
c. Complette research, yakni kegiatan penelitian yang merupakan penggabungan dari fact finding research dan critical interpretation research.

5. Berdasarkan metode yang digunakan:
a. Deductive research atau sering disebut juga dengan istilah logic research, kegiatan penelitian yang menggunakan metode deduksi.
b. Inductive research atau technical research, yakni kegiatan penelitian yang menggunakan metode induktif.


Sekian mengenai Pengertian, Tujuan dan Jenis Penelitian. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian, Tujuan dan Jenis Penelitian"

Posting Komentar