Pengertian Dan Macam Interaksi Sosial Asosiatif

Pengertian Dan Macam Interaksi Sosial Asosiatif – Adalah Interaksi sosial asosiatif merupakan hubungan yang mengarah pada penyatuan. Masyarakat melakukan interaksi sosial asosiatif karena mereka saling mem–butuhkan dan menghendaki kehidupan yang aman, damai, dan teratur.

Berikut bentuk-bentuk interaksi sosial asosiatif.

Cooperation atau kooperasi berasal dari bahasa Latin, co berarti bersama-sama, dan operani yang berarti bekerja. Kooperasi dapat diartikan bekerja sama. Kerja sama merupakan perwujudan minat dan perhatian orang untuk bersama-sama dalam suatu kesepahaman.

Dalam teori sosiologi ada beberapa bentuk kerja sama. Kerja sama tersebut, antara lain kerja sama spontan (spontaneous cooperation), kerja sama langsung (directed cooperation), kerja sama kontrak (contractual cooperation), dan kerja sama tradisional (traditional cooperation). Selain itu, kerja sama dapat terjadi dalam kelompok primer dan kelompok sekunder.

Pengertian Dan Macam Interaksi Sosial Asosiatif


Akomodasi adalah suatu proses ke arah tercapainya kesepakatan sementara yang dapat diterima kedua belah pihak yang tengah bersengketa. Akomodasi terjadi pada orang-orang atau kelompok-kelompok yang mau tidak mau harus bekerja sama meskipun dalam kenyataannya mereka memiliki paham yang berbeda dan bertentangan.

Tanpa akomodasi dan kesediaan berakomodasi, dua pihak yang berselisih paham tidak mungkin dapat bekerja sama. Akomodasi tidak menyelesaikan sengketa secara tuntas untuk selamanya. Melalui akomodasi, perbedaan pendapat masih tetap ada dan interaksi masih akan berlangsung terus. Dalam proses akomodasi, masingmasing pihak tetap memegang teguh pendiriannya.

Asimilasi merupakan proses lebih lanjut jika di bandingkan dengan proses akomodasi. Pada proses asimilasi terjadi proses peleburan kebudayaan sehingga pihak-pihak atau warga-warga dua atau tiga kelompok yang tengah berasimilasi akan merasakan adanya kebudayaan tunggal yang dirasakan sebagai milik bersama.

Proses asimilasi akan timbul jika:
a. ada kelompok-kelompok manusia yang berbeda kebu dayaan;
b. orang-perorangan sebagai warga kelompok tersebut saling bergaul secara langsung dan berinteraksi untuk waktu yang lama;
c. kebudayaan dari kelompok-kelompok manusia tersebut masing-masing berubah dan saling menyesuai kan diri.

0 Response to "Pengertian Dan Macam Interaksi Sosial Asosiatif"

Posting Komentar